Home » » SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK

SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK


Sejarah Berdirinya Facebook

SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK Mungkin sebagian sudah tahu dengan yang namanya jejaring sosial yang satu ini yaitu FACEBOOK. Memang Facebook sebuah jejaring sosial yang cukup fenomenal bahkan ditahun sekarang ratting mereka pun naik pesat serta nilai keuntungan yang didapat tak terhinga oleh sang pemiliknya Mark Zuckerberg.Untuk Cara Mendaftar di Facebook terbilang sangat mudah serta Cara Membuat Akun Facebook tidak lebih dari 5 menit sudah selesai dan kita siap berinteraksi dengan teman-teman. Nah Bagi yang mau tahu Cara Membuat Akun Baru Di Facebook silahkan daftarkan segera,bagi yang mau tahu tentang perjalanan SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK mari kita ikuti bersama-sama Sejarah Awal Berdirinya Facebook. dimulai ketika Mark Zuckerberg (salah satu mahasiswa semester II Harvard University pada saat itu) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan di kampusnya Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita) di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling hot Nah untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling Saking nekatnya Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan) Atas tindakannya itu Zuckerberg membela diri dengan mengatakan Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri Ia melanjutkan Cepat atau lambat nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa.  

*2004*
Tidak jera pada semester berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004 Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama "The Facebook" yang beralamat URL: www.thefacebook.com Untuk situs barunya ini Zuckerberg berkomentar sarkas: Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol Dengan situsku ini aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja.Saat pertama kali diluncurkan The Facebook hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja Dan sungguh menakjubkan Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu Selanjutnya sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha) Dustin Moskovitz (programmer) Andrew McCollum (desainer grafis) dan Chris Hughes Bulan maret 2004 www.thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford Columbia Yale dan Ivy League Tak butuh waktu lama situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada Bulan Juni 2004 Zuckerberg McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto California Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker Pertengahan 2004 thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri paypal Pieter Thiel.  

*2005*
Pada bulan Mei 2005 thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners Tanggal 23 Agustus 2005 thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase the tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com. Pada tahun 2005 ini juga facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA Masih di tahun yang sama sejumlah universitas di Meksiko Inggris Raya Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

 *2006*
Di awal tahun 2006 Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar Namun kabar ini tak terbukti Pada bulan April 2006 Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel Greylock Partners dan Meritech Capital Partners Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun gilliran Israel dan Jerman Akhirnya pada 11 September 2006 Facebook merubah status registrasinya menjadi free to join bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia  

*2007*
 Bulan September 2007 Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google - Viacom - Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook Sebelumnya di tahun 2006 Yahoo telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar November 2007 seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

 *2008*
 Pada Agustus 2008 majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.  

*SITUASI SIRUS* Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja sekolah maupun negara Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya Selain itu dapat juga saling mengirim pesan bergabung dengan sebuah grup atau lebih Secara default Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft Dalam hal tampilan Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.

*FITUR*
  Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur Wall/Dinding ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka Poke/Colek sarana untuk saling mencolek secara virtual Photos/Foto ruang untuk memasang foto dan Status yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007 Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan aplikasi dsb) langsung ke Wall/Dinding di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya.Pada September 2006 Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006 Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga LiveJournal Blogger dll) untuk ditampilkan di Facebook Tanggal 7 April 2008 Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu Chat/Obrolan tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time Fitur Gifts/Hadiah dimulai pada 8 Februari 2007 Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah Hadiah bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi Tanggal 14 Mei 2007 Facebook memperkenalkan Marketplace yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist Juli 2008 Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori dinding info foto dll memiliki tab-tab terpisah Mulai Maret 2009 Facebook merapikan tampilan Home/Beranda.

 *PLATFORM*
 Pada 24 Mei 2007 Facebook mempromosikan Facebook Platform Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.

 Demikian tentang SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK.
Share this article :

Fans Facebook

Popular Posts

 
Support : GOOGLE | SEO | Template Created by Creating Website Mas Template | MAS KOLIS TEMPLATE
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Icah Banjarmasin - All Rights Reserved