Home » » FAKTA UNIK

FAKTA UNIK

FAKTA UNIK sejarah lampau yang ada di Indonesia sebagian memang ada sudah tahu namun ada juga sebagian yang belum tahu,nah kali ini saya mau posting yang mengetengahkan fakta sejarah unik yang pernah terjadi di negeri kita tercinta Indonesia.


1.BUNG KARNO MENGUNDANG MARILYN MONROE

Mengenai hubungan antara revolusi Indonesia dan Hollywood, memang dekat. Setiap 1 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila semasa Presiden Soekarno.
Pada 1956, peristiwa tersebut “hampir secara kebetulan” dirayakan di sebuah hotel Hollywood.
Bung Karno saat itu mengundang aktris legendaris,Maryln Monroe untuk sebuah makan malam di Hotel Beverly Hills, Hollywood. Hadir di antaranya Gregory Peck, George Murphy dan Ronald Reagan (25 tahun kemudian menjadi Presiden AS).
Yang unik dari pesta menjelang Hari Lahir Pancasila itu, adalah kebodohan Marilyn dalam hal protokol. Pada pesta itu, Maryln menyapa Bung Karno bukan dengan “Mr President” atau “Your Excellency”, tetapi dengan “Prince Soekarno!”


2.PERTUNJUKAN FILM PERTAMA TENTANG INDONESIA

Nah ada lagi hubungan yang erat antara 17 Agustus dan Hollywood..
Judul pidato 17 Agustus 1964, “Tahun Vivere Perilocoso” (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film: THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY.Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan asing di Indonesia pada 1960-an.
Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing...!


3.TESK ASLI PROKLAMASI DI TONG SAMPAH

Ternyata naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah!
Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM DIAH.seorang putera asal Aceh yang juga tokoh pers, pejuang kemerdekaan, diplomat, dan pengusaha Indonesia.
Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.
Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.


4.OH..PAHLAWANKU

Ibukota Jakarta tempat diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia dan kota tempat Bung Karno dan Bung Hatta berjuang, tidak memberi imbalan yang cukup untuk mengenang co-proklamator Indonesia.
Sampai detik ini, tidak ada “Jalan Soekarno-Hatta” di ibu kota Jakarta.
Bahkan, nama mereka tidak pernah diabadikan untuk sebuah objek bangunan fasilitas umum ada pun sampai 1985.
Nama mereka pun baru diabadikan menjadi nama bandar udara 40 tahun setelah Indonesia merdeka BANDARA SOEKARNOE - HATTA.Lebih parahnya lagi, pemerintah baru secara resmi menyematkan gelar “proklamator” kepada mereka pada tahun 1986, atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.
Share this article :

60 comments:

  1. Menarik dan unik.
    Begtulah sop kenyataannya,banyak sejarah yang telah dibelokan dari naskah aslinya,hingga generasi seperti kita kadang samar dengan sejarah bangsanya.
    Nice share,makasih ya,happy blogging.

    ReplyDelete
  2. @Raihan Mar'ie Ramadhan..: Hello orang papuaaa...apa kabarnya nih lama ga jumpa..hahahyyy..ya begitulah bang terkadang sejarah yang ada dinegeri ini pada lari dari faktanya..trima kasih sdh mampir ya bang.

    ReplyDelete
  3. weh.
    ane sering ke rental film. tapi gak pernah liat film judul "the year of living dangerously" :) pertamax

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tahu nih sobat tentang fakta unik ini di indonesia sobat...

    ReplyDelete
  5. @Just Copy and leave it: Heee..mungkin yang punya rental males sediakan film jadul kali ya bang..hahhayyy..trims sdh mampir ya bang.

    ReplyDelete
  6. @ Asis Sugianto : Bang asis terima kasih ya bang sdh setia mampir disini..hahahyyy..itulah negeri kita bang uniiiiiiiiiik sekali..

    ReplyDelete
  7. nice share sob..

    memang beginilah bangsaku ini -___-

    ReplyDelete
  8. huhuy... tagantat julak'ae membaca'nya.... ada-ada haja lah.... ..!! :)

    ReplyDelete
  9. Hahay ternyata negara korup kita mempunyai fakta unik juga, negara kita tidak bisa belajar dari kejadian-kejadian tempo dulu itu...nice share bang icah

    ReplyDelete
  10. wah, ternyata ini fakta unik yg belum kuketahui
    nice post bg :)
    dtunggu artikel selanjutnya :)

    ReplyDelete
  11. wew, nomor 4 baru ane tau tuhhbang. Gile amat teks yang membebaskan bangsa kita malah di taruh di tong sampah ckckc

    ReplyDelete
  12. @Nini bawel..: Wuihhh si Nini maaf ya lama ga kesana..hiii..trims sdh cuap-cuap disini..hahahayyy

    ReplyDelete
  13. @Tagantar : Umailahhh baguyang tihang aras limbah situ kemari..kikikikkkk

    ReplyDelete
  14. @Arman: Iya nih bang arman negara kitakan multi talenta..hahahahayyyyyy.

    ReplyDelete
  15. @Ikhbal gusri : Wahhh bang Gusri ada jg ya disini..trimakasih ya bang sdh kasih coment..

    ReplyDelete
  16. @Blog panik: Iya bang untung ada tau..hee..trims ya bang sdh singgah.

    ReplyDelete
  17. Wah menarik nih bang...Bung Karno emang sosok yang unik, menarik dan juga panutan...

    Pasti masih banyak lagi fakta unik tentang sejarah kita...

    ReplyDelete
  18. sejarah yang di kenang sepanjang jaman yang satu ini gan.

    ReplyDelete
  19. @Uniknya : Kebetulan bang beliau itu idola saya,trima kasih ya bang sdh mampir..hahahayyyyy

    ReplyDelete
  20. @M.Taufik..: Iya tuh bang..sejarah yang tersembunyi namun faktanya nyata..hahahayy

    ReplyDelete
  21. asben bang,...sejarah yang memilukan.itulah cermin bangsa kita bang.apalagi untuk jaman pasar bebas sekarang...kita sudah teerlena dengan gemerlapnya pasar,dan hampir meelukan riwat bangsa kita.nice post bang

    ReplyDelete
  22. wahh baru tahu, ternyata begitu ya sejarah yang tak terungkap, yang naskah proklamasi itu bang, mengharukan jg,,,

    ReplyDelete
  23. Belajar sejarah Bangsa, makasih infonya

    ReplyDelete
  24. Bang kita tukaran link yaa.., link abang dah aq pasang., thx... :_)

    ReplyDelete
  25. Ada beberapa hal yang malah saya baru tahu

    ReplyDelete
  26. unik seunik warga negara dan pemimpinnya sobat,, hahahahahayyyyy

    ReplyDelete
  27. asyik bacanya, beberapa bikin miris hati, terutama tenang Soekarno, ohya, nama soekarna justru dijadikan nama jalan di Kuba, itu karena rasa hormat dari teman Soekarno sendiri, Fidel Castro...
    makasih sudah berbagi bang Icah...
    maaf baru bisa kesini lagi
    hahahayyyy

    ReplyDelete
  28. hello..best jugak baca n3 yang tak pernah diketahui umum selama ini..
    (saya mencari seorang rakan sekolah asalnya dari banjarmasin..udah 20thn tidak ketemu)

    ReplyDelete
  29. Fakta seperti ini memang jarang diungkap, dan sepertinya sekarang makin bertambah wawasan ketika bang Icah men-share info berharga seperti ini.

    Gak nyangka bang Icah juga suka sejarah juga ya... hahahahahayyyy...

    ReplyDelete
  30. hehehe... emang bener2 pemerintah kayak kacang lupa kulitnya bang....hahayyyy.... saya suka post abang icah....ajib banget

    ReplyDelete
  31. oo...jadi gitu ya bang...saya baru tahu nih bang.... memang gak dikira ya kalo bapak proklamator aja dah dilupain

    ReplyDelete
  32. wah ternyata ada faktanya yang unik juga
    nice share bang

    ReplyDelete
  33. ahh masa sih ditong sampah sih bang teks asli proklamasi

    wah fakta yang unik ni bang

    ReplyDelete
  34. Bener2 ane baru tahu sob tentang fakta2 sejarah diatas, habisnya gak ada dibuku sekolah si ya hehehe...

    ReplyDelete
  35. Waduh .
    masa teks asli Proklamasi di Tong Sampah sih ?
    Baru tau saya Bang Icah .
    Nice Posts lah pokoknya .

    ReplyDelete
  36. wahahaha.. bener banget tuh sob..

    lagian juga kepala garuda yang mereng itu, melambangkan bahwa negara tidak peduli sama rakyat makanya berpaling dari hadapan rakyat :)

    ReplyDelete
  37. wah tambah ilmu lg nih sob,tambah wawasan lg hahhaahyyyyy

    nice post sobat.!?

    ReplyDelete
  38. mampir gan, sori nih gak bisa komen postinganX heheh abis aku gak bisa ngomong apa2 :D

    ReplyDelete
  39. nice share bang, ane baru tau sebagian fakta diatas ^^

    ReplyDelete
  40. artikel yang sangat bermanfaat.....

    #happy blogging

    ReplyDelete
  41. wah.. artikel menarik bang.... nyimak deh...

    oya.. visit back yang.. :D

    ReplyDelete
  42. wah gak lama lagi BBM naik, fakta pemimpin unik indonesia lainnya yaitu selalu menaikkan harga,,, hehhehehe

    ReplyDelete
  43. Selamat pagi sob
    bagus postingnya
    sukses selalu ya

    ReplyDelete
  44. Suatu Kebanggaan jika sejarah bangsa kita dijadikan film, apalagi berstatus Hollywood. Keren postingannya bang, baru tau saya informasi ini.

    ReplyDelete
  45. Wow... saya baru tau klo dulu marylin monroe diundang oleh soekarno.. huahahaha tp kok dipanggil pangeran ya? apa marylin monroe itu ga tau ya dulu sejarah indonesia?? wkkwkwkw

    ReplyDelete
  46. iya sob hehehee ada jg yg bikin miris hati nehh ehheee

    ReplyDelete
  47. wa..ilmu baru buat saya ne..

    tkx sob..

    ditunggu kunbalx ya..http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  48. mantap artikelnya..

    klo soekarno dulu ngundang marilyn monroe, sby sekarang mau ngundang siapa, ya?? SNSD?? apa selena gomez??
    wkwkwkkkkk.... :D

    dwitunggal soekarno-hatta memang tak terpisahkan.. tapi nama bung karno sendiri sudah diabadikan sebagai nama stadion gelora bung karno di senayan.. tapi nama bung hatta sendiri belum ada..

    ReplyDelete
  49. memang kadang negara indonesia itu..negara yang unik atau aneh ya? ya beda2 tipislah artinya

    ReplyDelete
  50. bagaimanapun juga indonesia tetep tanah air kita .. :)

    ReplyDelete
  51. mantab bang ... izin blogwalking.. olah raga demi si alexa. .. ahayy

    ReplyDelete
  52. bagaimanapun juga indonesia tetep tanah air kita

    ReplyDelete


Terima kasih buat teman-teman atas komentarnya dan mohon maaf bagi yang tidak sempat terbalas.

Thank you my friends for his comments and apologize for who could not unrequited.

MOHON MAAF APABILA KOMENTAR ANDA TIDAK KELUAR MUNGKIN MASUK KEKATAGORI LIGA CHAMPIONS JADI DITENDANG OLEH SISTEM PLUGIN SAYA..DAN GOOOOLLL.

BAGI YANG SUKA NYEPAM ATAU BERNIAT MAU NYEPAM SILAHKAN SPAM AZA...GRATIS KOQ..!!!

Fans Facebook

Popular Posts

 
Support : GOOGLE | SEO | Template Created by Creating Website Mas Template | MAS KOLIS TEMPLATE
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Icah Banjarmasin - All Rights Reserved