Home » » KEAJAIBAN AIR ZAM ZAM

KEAJAIBAN AIR ZAM ZAM




Kekuasaan Allah SWT tidak terbatas,dan inilah salah satu kekuasaan Allah SWT yang ditunjukkannya kepda kita,yaitu Air Zam-Zam.
Air yang bagi kita umat Islam sangat berkhasiat serta sangat bermanfaat apalagi air Zam-Zam.

AWAL KEMUNCULNYA ZAM-ZAM
Disebutkan oleh Imam al Bukhari dalam Shahih-nya, dari hadits Ibnu ‘Abbas. Suatu saat, ketika berada di Mekkah, Nabi Ibrahim menempatkan istrinya Hajar dan anaknya Ismail di sekitar Ka`bah, di suatu pohon besar yang berada di atas sumur Zam-Zam. Waktu itu, tidak ada seorangpun di Mekkah, melainkan mereka bertiga. Setelah Nabi Ibrahim Alaihissalam meletakkan kantong berisi kurma dan air, iapun beranjak pergi. Namun Hajar mengikutinya seraya mengatakan,”Wahai Ibrahim, kemanakah engkau akan pergi dengan meninggalkan kami sendiri di tempat yang tiada manusia lain, atau yang lainnya?”
Pertanyaan itu ia ulangi terus, tetapi Nabi Ibrahim tidak menengok kepadanya. Sampai akhirnya Hajar berseru kepadanya,”Apakah Allah yang menyuruhmu melakukan hal ini?”
“Ya,” jawab Nabi Ibrahim.
“Kalau begitu, Allah tidak akan menyengsarakan kami,” seru Hajar. Kemudian kembalilah Hajar ke tempatnya, dan Nabi Ibrahim terus melanjutkan perjalanannya.
Sesampainya di Tsaniyah -jalan bebukitan, arah jalan ke Kada`. Rasulullah ketika memasuki Mekkah juga melewati jalan tersebut- dan keluarganya tidak dapat melihatnya lagi, Nabi Ibrahim menghadap ke arah Baitullah, lalu mengangkat kedua tangannya seraya berdoa : “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka, dan beri rizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” [Ibrahim/14 : 37]
Ibunda Ismail menyusui anaknya dan meminum dari kantong air tersebut. Hingga akhirnya air itupun habis, dan anaknya kehausan. Dia melihat anaknya dengan penuh cemas, karena terus menangis. Dia pun pergi untuk mencari sumber air, karena tidak tega melihat anaknya kehausan.
Pergilah dia menuju bukit terdekat, yaitu bukit Shafa, dan berdiri di atasnya. Pandangannya diarahkan ke lembah di sekelilingnya, barangkali ada orang disana. Akan tetapi, ternyata tidak ada.
Dia pun turun melewati lembah sampai ke bukit Marwa. Berdiri di atasnya dan memandang barangkali ada manusia di sana? Tetapi, ternyata tidak juga. Dia lakukan demikian itu hingga tujuh kali.
Ketika berada di atas bukit Marwa, dia mendengar ada suara, dia berkata kepada dirinya sendiri, “Diam!” Setelah diperhatikannya ternyata memang benar dia mendengar suara, kemudian dia pun berkata, “Aku telah mendengar, apakah di sana ada pertolongan?”
Tiba-tiba dia melihat Malaikat Jibril, yang mengais tanah dengan kakinya (atau dengan sayapnya, sebagaimana disebutkan dalam riwayat yang lain), kemudian memukulkan kakinya di atasnya. Maka keluarlah darinya pancaran air.
Hajar pun bergegas mengambil dan menampungnya. Diciduknya air itu dengan tangannya dan memasukkannya ke dalam tempat air. Setelah diciduk, air tersebut justru semakin memancar.Dia pun minum air tersebut dan juga memberikan kepada putranya, Ismail. Lalu Malaikat Jibril berkata kepadanya, “Jangan takut terlantar. Sesungguhnya, di sinilah Baitullah yang akan dibangun oleh anak ini (Ismail) bersama ayahnya. Dan sesungguhnya, Allah tidak akan menelantarkan hambanya.”
Beberapa waktu kemudian, datanglah orang-orang dari kabilah Jurhum turun di lembah Makkah. Mereka turun karena melihat burung -burung yang berputar-putar. Mereka berkata,”Burung ini berputar-putar di sekitar air. Kami yakin di lembah ini ada air,” lalu mereka mengirim utusan, dan ternyata benar mereka mendapatkan air. Utusan itupun kembali dan memberitahukan kepada orang-orang yang mengutusnya tentang adanya air.Merekapun kemudian mendatanginya, dan meminta izin dari Ummu Ismail, bahwa mereka akan mampir ke sana. Ummu Ismailpun mempersilahkan dengan syarat, bahwa mereka tidak berhak memiliki (sumber) air tersebut, dan kabilah Jurhum inipun setuju.

KHASIAT DAN FAEDAH AIR ZAM-ZAM

Dari penjelasan Rasulullah dan para ulama dapat diketahui, bahwa air Zam-Zam memiliki barakah dan keutamaan. Di antara dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan air Zam-Zam dapat disebutkan sebagai berikut.

عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ (أخرجه أحمد وابن ماجه)

“Dari Jabir dan Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Air Zam-Zam, tergantung niat orang yang meminumnya.”
Ibnu Taimiyyah berkata,”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).”
جِبْرَائِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسُقْيَا اللهِ إسْمَاعِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
رواه الدارقطني والحاكم وقال صحيح الإسناد

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anh, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.”

وَعَنْ أَبِيْ الطُّفَيْلِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ كُنَّا نُسَمِّيْهَا شَبَّاعَةً يَعْنِيْ زَمْزَمَ
وَكُنَّا نَجِدُهَا نِعْمَ الْعَوْنُ عَلَى الْعِيَالِ (رواه الطبراني في الكبير

“Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan)”. [HR Tabrani

إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا بِسِجِلٍّ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ فَشَرِبَ مِنْهُ وَتَوَضَّأَ) رواه أحمد

“Dari Usamah, bahwasanya Rasulullah meminta untuk didatangkan segantang air Zam-Zam, kemudian beliau meminumnya dan berwudhu dengannya” [HR Ahmad]

كَانَ يَحْمِلُ مَاءَ زَمْزَمَ ( فِيْ الأَدَاوِيْ وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلىَ الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ ) ] . ( حديث صحيح

“Disebutkan dalam Silsilah Shahihah, adalah Rasululllah membawa air Zam-Zam di dalam kantong-kantong air (yang terbuat dari kulit). Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang yang sedang sakit”.

إِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حِيْنَ رَكَضَ زَمْزَمَ بِعَقِبِهِ جَعَلَتْ أُمُّ إِسْمَاعِيلَ تَجْمَعُ الْبَطْحَاءَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ : رَحِمَ اللهُ هَاجِراً وَأُمَّ إِسْمَاعِيْلَ لَوْ تَرَكَتْهَا كاَنَتْ عَيْنًا مَعِيْنًا.
( صحيح )

Tatkala Jibril memukul Zam-Zam dengan tumit kakinya, Ummi Ismail segera mengumpulkan luapan air. Nabi berkata,”Semoga Allah merahmati Hajar dan Ummu Ismail. Andai ia membiarkannya, maka akan menjadi mata air yang menggenangi (seluruh permukaan tanah).”

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله – صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: “خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامُ الطَّعْمِ، وَشِفَاءُ السَّقْمِ

“Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”
Abu Dzar al Ghifari berkata,”Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air Zam-Zam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan lapar.”

كُنْتُ أُجَالِسُ ابْنَ عَبَّاسٍ بِمَكَّةَ فَأَخَذَتْنِيْ الحْمُىَ فَقَالَ أَبْرِدْهَا عَنْكَ بِمَاءِ زَمْزَمَ فإَِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ( الْحُمَى مِنْ فيَحْ ِجَهَنَّمَ فَأَبْرِدُوهَا بِالْمَاءِ أَوْ قاَلَ بِمَاءِ زَمْزَمَ

“Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba`i, ia berkata : “Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zam-Zam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam-Zam”

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : أَنَّهَا كَانَتْ تَحْمِلُ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ وَتُخْبِرُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ كاَنَ يَحْمِلُهُ

Dari ‘Aisyah, ia membawa air Zam-Zam. Ia mengkabarkan, sesungguhnya dahulu Rasulullah membawanya (sebagai bekal)
Ibnul Qayyim berkata,”Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air Zam-Zam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air Zam-Zam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf “
Beliau rahimahullah berkata,”Ketika berada di Mekkah, aku mengalami sakit dan tidak ada tabib dan obat (yang dapat menyembuhkannya). Akupun mengobatinya dengan meminum air Zam-Zam dan membacakan atasnya berulangkali (dengan al Fatihah), kemudian aku meminumnya. Aku mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Akupun menjadikannya untuk bersandar ketika mengalami rasa sakit, aku benar-benar banyak mengambil manfaat darinya.”
Demikianlah khasiat serta faedah air zam-zam yanga mana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri sangat menganjurkan agar kita selaku ummat Islam sangat baik mengkonsumsi air zam-zam tersebut.
Semoga Allah SWT selalu memberikan karunia,berkah serta kesehatan kepada kita semua..Amien.
Share this article :

139 comments:

  1. mf ni klo OOT..,klo gk salah template baru ya bang.., smg sukses dgn template barux ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe..lagi uji coba bangggg templatesnya kalo cocok dilanjtin...hahhahah

      Delete
  2. Terus terang bang icah, saya sebagai orang muslim baru tahu asal usul dan kisah air zam-zam hehe begitu juga dengan khasiatnya, nice share bang sebagai seorang muslim ini wajib diketahui, happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp bang arman trima kasih sdh mau mapir ya..happy tooooo.

      Delete
  3. subhanallah.....
    Artikelnya mantap om.. salut. semoga sukses :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang anwar..wuihh si abang maksih ya bang..hahahyy

      Delete
  4. Mantep banget bang postingannya, disertai histori tentang asal-usul sumur zam zam. Sumur zam zam termasuk mukjizat dari Allah, yg sampai saat ini menjadi mata air alami dan abadi. Selain itu manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, seperti yg abang sebutkan dalam artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Arie..trima kasih ya bang,gimana sdh melahirkan belon nih..?

      Delete
  5. Sebelumnya saya udah pernah baca khasiat air zam-zam di blog lain tp gak ada penjelasan asal usulnya seperti disini bang. nice post bang jadi tau dah history nya. Mantap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang kocu..trima kasih ya bang sdh mau ngasih support.

      Delete
  6. air zam-zam sangat bermanfaat sobat, rasanya beda banget sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Asis..betul bang rasanya agak gimanaaaaaaa gituuu..heee..tapi sanagt bermanfaat banget..

      Delete
  7. subhanallah ternyata begitu ya bang, ane baru tahu nih, makasih sharingnya bang:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Muro'i...wuih siabanggg semoga Allah SWT memberi kita semua tuk' kesana sebelum dipanggilNya..amien.

      Delete
  8. . . bagus banget nich. pengen dech tiap hari minum aer zam^ . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ♥VPie◥♀◤...trims sdh mampir ya mba..sukses slalu buat mba..

      Delete
  9. Subhanallah Allahuakbar...sesungguhnya air zam-zam itu memang sudah terbukti banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Harianto...bener banget bang dan Allah SWT selalu menjaga keasliannya.

      Delete
  10. bener² takjub sayabang pas liat videonya...
    bisa sampe jernih gitu ya??.

    subhanallah... :)
    sayangnya kita nggak bsia meminumnya tiap hari... paling cuma setaun sekali pas musim haji. itupun kalo tetangga ada yang naik haji. kalo nggak aada ya nggak ada yang bawain air zaam zam deh.. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Ivan...Iya bang semoga saja kita nantinya akan dilapangkan oleh Allah SWT tuk melangkah kesana..amien.

      Delete
  11. Bayak sekali ya sob khasiatnya. Bagi yang mempercayai memang katanya bisa menyembuhkan banyak penyakit. Yang penting yakin ya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Anak Rantau....sebagai ummat Islam kita wajib tuk percaya bang..semoga saja Allah SWT slalu memberi jalan buat kita tuk kesana melihat dan meminumnya..amien.

      Delete
  12. Subhanalloh...
    Nice article SOb...

    Absen rutin Sob di mari,
    Share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. X, mohon direview ya Sob... Thanks, Salam bLogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sang Pembelajar..Absen abang diterimaaaaa..hahhayy..ntar aku keblognya abang lagi..

      Delete
  13. memang air jam2 menandung beribu2 hingga berjuta2 kebesaran allah.. sekarang dari mulai sumur yang biasa tetapi tak akan pernah kering walau di ambil airnya berjuta2 orang dari seluruh penjuru dunia.. terus air jam2 menurut penelitian berbanding beberapa kali lipat komponen2 airnya seperti oksigen dll,, di banding air biasa atau air oksigen sekalipun.. itulah kekuasaan allah.. dengan kehendaknya semua yang tersentuh air itu menjadi manfaat... semoga dengan artikel air jam2 yg di posting bang icah ini menjadi suatu pengingat bagi kita semua ya..


    waduh.. keasyikan nulis komentar jd kebanyakan ngocehnya nih... hihi..^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Didin..:wkwkkwkwk...bisa aza nih siabang..begitulah kalau Allah SWT mau membuktikan kepada UmmatNya bahwa air Zam Zam sanagt bermanfaat sekali..hahayy

      Delete
  14. air zam- zam mank sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bang, dari penelitian baru2 ini juga mengatakan kandungan dari air zam- zam jauh lebih banyak dari air meniral biasa. tak ayal banyak dari jama'ah haji menjadikan air zam- zam segai oleh2 wajib. mantap sherenya bang icah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Pattah..: Wuihhh..tumben nih si abnag ku yang satu hadir...pa kbrnya bang..?

      Delete
  15. Keajaiban ZAM-ZAM hanya berasal dari kehendak Allah...

    salam kenal ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Cendikiawan..salam kenal kembali ya bang..begitulah Allah SWT selalu memberi yg terbaik bagi hambaNya..amien.

      Delete
  16. air zam-zam memang banyak mukjizatnya,
    maha suci Allah

    salam blogging sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Fahrur...maha Pengasih dan Penyayang Allah SWT..salam kembali ya bang.

      Delete
  17. wah keren nih sob..?? saya yakin banyak ank sekarang yg g tau tentang asal usul air zam-zam hehehe

    saya dukung bgt postingan sobat...??? bermanfaat buat pengetahuan ABG sekarang hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Masnady..wkwkwkkwk...akhirnya muncul jugaaa..hahahyyy

      Delete
  18. wahh, postingan baru nih bang icah.. ijin menyimak yahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Nemo..Iya nih kang..silahkan tuk menyimak,salam blogging slalu kanggg..hahyy

      Delete
  19. Postingan yang Mantab abis, sebagai muslim jadi menambah wawasan nie aq....
    Template barunya sederhana tapi bagus nie...

    Happy Blogging Bang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Thoyib...Template baru tapi stock lama...hahhayyy..apa kbrnya nih bang..?

      Delete
  20. Air zam-zam karunia Allah yang terus mengalir......Subhanallah....happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Chandra...Iya bang sampai sekarang tidak pernah kering..Maha Mulia allah.

      Delete
  21. wahhh emang betul gan ... jadi banyak tau ne tentang air zam - zam .. thx fo share masbroo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Enonovan...iya bang trims sdh mampir ya bang.

      Delete
  22. sayang sekali ya..?
    orang2 yang pulang dari haji sekarang
    kalau nyuguhin ke tamu2nya
    nggak air zam2 murni.
    tapi udah dicampur sama air biasa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Basofi..Ntar kalo kita diizinkan tuk kesana kita suguhin yang murni ya bang..amien.

      Delete
  23. setuju ama bang Icah, Air zam-zam memang ajaib, banyak sekali manfaatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Souvenir..Begitulah bang kekuasaan Allah SWT memang tak terbatas.

      Delete
  24. mampir lagi nih sobat untuk baca-baca artikel sobat...

    ReplyDelete
  25. tak akan ada yang menandingi keajaiban air zamzam......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat Herbal..iya bang Allah SWT memang benar-benar sayang sama kita..hanya kita yang terkadang lupa akan DIA.

      Delete
  26. mampir lagi nih kak, kayanya bacaan yg ini mnarik ngt untuk d baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat Tradisional..trims sdh mampir lagi ya bang..sukses buat abang..hahayy

      Delete
  27. Replies
    1. Mioma..Iya bang..trims sdh mampir nih bang..hahhayy

      Delete
  28. luar biasa bgt. . saya baru tau bg.
    nice info


    mampir balik yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Fokus Kita...Trms abang sdh ngesot kesini..semoga abang slalu sukses..hahayyy

      Delete
  29. air zam zam yg dibrkahi, sngat brkhasiat bagi umat...
    artikelnya membuka wawasan saya lbih dlam mngenai zam-zam
    syukron bang icah
    smoga bisa mneguk langsung dri sumbernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Wongcrew...Syukron buat abang juga..semoga saja allah SWT. memngampuni segala salah dan khilaf kita semua...amien.

      Delete
  30. balik lagi bang icah siapa tau ada sisa air jam2nya.. hehe.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang Didin..Ntar aku kirim ke abang ya airnya..hahhayyyy

      Delete
    2. tengok kanan kiri... cari sesuatu tapi apa ya..?? ah... pusing mending ngambil air jam2 lagi ah...

      Delete
  31. mudik dulu ah ke kalimantan,,,mau ambil air zam-zam dari mas icah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ratih...wkwkkwk..ntar aku sambut dibandara ya mba..hahahyyy

      Delete
  32. salah satu bukti kebesaran tuhan.. :)

    nice post :D

    ReplyDelete
  33. wusss... numpang lewat sini... !!!! hahaha.. sambil nyimak bang.. :D

    ReplyDelete
  34. Artikelnya sangat brmanfaat bgt. 2 jempol buat bang admin :)

    ReplyDelete
  35. Air Zamzam ternyata hebat juga ya sob, ternyata memiliki keajaiban, kalau masih ada tolong antar ya sobat..hehehe...terima kasih sobat
    postingan yang okey ...bermanfaat

    ReplyDelete
  36. Selama ini cma sering denger Kang tentang khasiat dan keajaiban air Zam-Zam, ternyata banyak juga yah Khasiatnya... Subhanallah :)

    ReplyDelete
  37. hasu banget nih sobat pengen minum air zam-zam

    ReplyDelete
  38. subhanaallah... banyak khasiatnya air zam zam..

    kalo di indonesia ada, pasti laris, :)

    ReplyDelete
  39. katanya Air zam2 ga boleh di bawa oleh para jamaah umroh atau haji / benar atau tidak sih ?

    ReplyDelete
  40. Baju baru yah bang icah

    Mantap....
    baru singgah kesini melihat templates barunya


    Nice post tentang zam-zamnya menabjubkan

    ReplyDelete
  41. wah... bermanfaat infonya sobat.... :) :) :)

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum wr wb.. :)
    sudah tidak terelakan bahwa selalu ada kenikmatan bersama Islam.. :)

    ReplyDelete
  43. apa yg membedakan air zam zam dan air puth biasa ya ?

    padhal kalo di liat dari rsanya sih gx ada bedanya tuh ,,,,,,

    ReplyDelete
  44. apakah air zam zam di mkah gx akan pernah habis habisnya tuh ?

    ReplyDelete
  45. wah, tipsnya mantap kang :), izin dicoba dulu ahh :D

    ReplyDelete
  46. slmt pagi gan..aku melihat dan mengambil air zam Januari 1995..sekarang lagi kangen ingin ngambil lagi..doakan ya gan...bagus artikelnya gan...salama..

    ReplyDelete
  47. subhanallah... air Zam Zam adalah air yg paing suci...
    mari barkunjung ke kampusku...
    salam dari srabaya.. :)

    ReplyDelete
  48. Air zam zam diciptakan penuh keunikan, pantas jika memiliki banyak khasiat serta lokasi yang memang berada di tempat yang makbul

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  49. kalau minumj air zamzamnya tidak sambil berdoa bagaimana?

    ReplyDelete
  50. subhanallah ,, sebagai umat muslim kita mestinya bersukur sob ,,ok

    ReplyDelete
  51. subhanalloh.. air zam-zam memang merupakan salah satu nikmat dan karunia dari allah SWT

    ReplyDelete
  52. bener banget air Zam zam banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  53. Subhanallah maha suci Allah. Allah emmang telah membuktikan banyak kebesarannya untuk meyakinkan bahwa Islam adalah yang benar. Slah satu bentuk kebesarannay adalah air zam zam ini.

    ReplyDelete
  54. makasih bang icah ...share info nya...insya Allah...jd nambah wawasan tentang asal muasal +faedah dari air zam-zam..buat diceritakan ke keluarga + dan handai taulan :)

    ReplyDelete
  55. heelo bang info" nya sangat bermanfaat bang ,
    jangan lupa mampir nya bang

    ReplyDelete
  56. Kalau mau membeli air zam zam yang asli, di indonesia ada nggak ya ?

    ReplyDelete
  57. Salam kenal aja buat bang Icah, Agen obat herbal, Sunter.

    ReplyDelete
  58. Artikelnya
    sebuah masukan serta pengetahuan yang luar bisa sekali bang... khasiat
    yang terdapat pada air zam2. Air
    zam emang penuh keajaiban karna apa?? karna air tsb dapat doa dari milyaran org sehingga air tersbut mengandung doa kebaikan. subhanallah

    ReplyDelete
  59. subhanallah...

    follow sukses...
    ditunggu follback nya ya sobat

    ReplyDelete
  60. thanks atas ilmu yang berguna nie...:)
    mcm2 ada kat sini...hehe

    ReplyDelete
  61. punya makalah tentang pengobatan air zam zam gk ? lge butuh cri di google gk aada ?

    ReplyDelete
  62. Sumur Zamzam, sebenarnya merupakan hal yang layak menjadi salah-satu keajaiban dunia.

    ReplyDelete


Terima kasih buat teman-teman atas komentarnya dan mohon maaf bagi yang tidak sempat terbalas.

Thank you my friends for his comments and apologize for who could not unrequited.

MOHON MAAF APABILA KOMENTAR ANDA TIDAK KELUAR MUNGKIN MASUK KEKATAGORI LIGA CHAMPIONS JADI DITENDANG OLEH SISTEM PLUGIN SAYA..DAN GOOOOLLL.

BAGI YANG SUKA NYEPAM ATAU BERNIAT MAU NYEPAM SILAHKAN SPAM AZA...GRATIS KOQ..!!!

Fans Facebook

Popular Posts

 
Support : GOOGLE | SEO | Template Created by Creating Website Mas Template | MAS KOLIS TEMPLATE
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Icah Banjarmasin - All Rights Reserved